"I do nervous", Terima Kasih KOS ATOS!

Amelinda, biasa dipanggi Amel, baru saja aku menyelesaikan masa studi di Universitas Jember, biasa  hadir untuk sekedar 'cuap-cuap' lewat kanal Radio di Kota Jember, yaitu Suara Akbar FM, beberapa hari yang lalu aku kedatangan tamu dari Malang, sebuah band (feel like Keroncong kurang lebih) yang khusus datang dalam rangka promo album ke-3 mereka yang diberi tema "Local Heroes", aku punya cerita dan teman baru sejak hari itu.

dan selengkapnya, begini ceritanya, selamat membaca!.
________________________________________

berawal dari awal-awal aku ditugaskan untuk membawakan acara Live interview bersama band bernama KOS ATOS, band asal Malang (katanya).

Begitu denger namanya KOS ATOS, oh my God it's first my time bawain acara untuk Live interview band, apalagi yang aku dengar band yang akan datang ini bukan band biasa, dari 'slentingan' keroncongnya gitu lah ya katanya, kemudian aku dapet tugas dari kak Lau, "silahkan mel kamu cari tahu lagu-lagunya kayak gimana, ini profilnya, ini press releasenya", gitu aja.

Singkat cerita, begitu aku baca press releasenya, ya akhirnya aku tau kalau band KOS ATOS adalah band yang mengemas Album ke-3 nya dengan cara yang berbeda, ku baca lagi memang KOS ATOS ini memang niatnya mengangkat musisi lama, membawakan lagu-lagu lama dari musisi-musisi yang ada di Kota Malang.

Hal pertama yang aku denger ketika pertama kali mendengar lagu-lagunya KOS ATOS di album ke-3 ini ya langsung enak aja gitu ya, apa ya.. rasanya memang lagu baru, cuma memang kayak lagu-lagunya adalah lagu baru yang enak buat didengerin gitu lo.

nah! dari situ aku dengerin lagu-lagunya gitu kan, memang pada awalnya hanya bisa mendengar audionya aja, aku disodorin tuh, "ini lo mell foto-foto personil KOS ATOS, ini social media mereka, profil mereka", aku melihat semuanya, melihat akun isntagram mereka, melihat foto-foto mereka, aku menyimpulkan bahwa em.. okay its a sekumpulan orang-orang atau musisi atau band pada umumnya gitu ya kan, tapi ketika aku baca profilenya ataupun press releasenya kok kayak beda gitu ya (pikirku dalam hati), kemudian pencarianku pindah ke rilisan album ke-3 mereka yang dirilis via Youtube, hm... setelah ku lihat karya mereka aku berpikir bahwa mereka adalah sekumpulan orang-orang yang berbeda dan lebih dari band pada umumnya.

Aku berpikir ulang waktu itu, singkat cerita aku mulai berpikir, entah apa yang harus ku cari lagi setelah ini? seperti melihat pencarianku telau usai atau selesai, aku berhadapan dengan oh.. ini adalah Live Interview pertamaku dan aku harus berpikir keras karena aku akan bertemu dengan orang-orang yang agak sedikit berbeda dari sajian karya-karyanya dan agak unik dari segi musikal (karena keroncong tadi), dari itulah semenjak itu aku jadi berekspektasi, merasakan hal (rasa takut) yang berlebihan sebelum live interview ini berjalan.

aku hanya bisa berkata pada diriku, "aku harus apa setelah ini?".

barangkali aku sedikit tertolong, aku sedikit tenang setelah ini, karena memang basicnya aku suka 'nyanyi', aku juga suka mendengarkan lagu folk, etnic, termasuk folk Indonesia macam keroncong ini jadinya aku mendengarkan semua lagu-lagu KOS ATOS dari Album pertama, single, hingga album ke-2 KOS ATOS, pas aku dengerin ternyata KOS ATOS itu juga enak-enak lagunya, bahkan sampai (mohon maaf) aku harus jujur mengatakan aku lebih suka mendengarkan lagu-lagu KOS ATOS di album pertama dan kedua ketimbang album ke-3, bagiku KOS ATOS itu ya Album pertama dan Ke-2 itu, lagu-lagu mereka banget lah, seperti memberikan 'cap' inilo KOS ATOS, lagu-lagunya KOS ATOS ya dialbum pertama dan ke-2 juga bisa mewakili perasaanku (menurutku), apalagi temanya itu tentang 'nggak jauh' dari cerita, perjuangan dan anak rantau (pemuda yang berjuang) gitu lah ya, aku langsung klop dan i do love dear lagu-lagu KOS ATOS.

Selain aku dengarkan, aku menyanyikan lagu-lagu KOS ATOS, aku juga mempersiapkan informasi apa gitu yang bisa ku 'ulik', aku mencari tahu segala hal tentang KOS ATOS, 'okay' aku bisa, aku meyakinkan diri, aku menyiapkan apa yang bisa ku lakukan untuk menyambut band yang aku suka lagu-lagunya ini.
_______________

Singkat cerita tibalah pada hari dimana pertemuan dimulai, begitu nyampek pada hari H, aku pikir, okay.. setelah ini akan ada 8 orang personil band, studio ini akan rame banget, suasanya akan sedikit formal-formal atau semi formal bagaimana gitu pikirku, aku masih bertanya, "bisa nggak ya aku?"

biasanya setengah jam sebelum interview gitu kan para pengisi acara sudah datang, ku pikir ini kok lama ya, aku pikir ini bakalan jadi atau nggak gitu kan, yaelah... masak nggak jadi? udah disiapin masak nggak jadi?, khawatir dan tik-tok dalam hati.

eh kok mepet-mepet waktu LIVE kak Lau menerima telpon kalau KOS ATOS ternyata jadi datang, aku semakin berpikir kemana-mana, aku pikir lagi, tunggu dulu dan menunggu, setelah ini akan ada 2 mobil akan datang dengan personil dengan alat dan official crewnya gitu lah ya (pikirku).

nah! begitu nyampek nih, ada 1 mobil warna putih kalau nggak salah warnanya, plat N, "oh ini mereka sudah datang, mobil malang gitu", ketika mereka datang ku hitung-hitung kok cuma ada 7-8 orang aja yang turun dari mobil itu dan nggak ada rombongan lain, ku kira ya mereka akan 'ribet' dengan barang-barang mereka, "segini aja?", pikirku, yaa bukan ribet sih, sedikit 'tong-pratong' (dalam bahasa Madura yaitu istilah ketika dalam keadaan membawa barang bawaan yang banyak), aku pikir mereka aku tampil full band versi mereka, tapi ternyata tidak.

yang membuatku kaget lagi adalah ketika tampilan mereka yang datang seperti temen yang datang untuk sekedar main gitu, jadi seketika yang suasana aku tegang, jadi berubah, "wah.. ini asyik nih, ini asyik!", langsung seperti itulah responku waktu itu.

aku mulai asyik melihat sekumpulan orang-orang yang pelan-pelan turun dari mobil, masuk kantor dan masuk keruangan studio, em... apalagi mereka mulai bercanda dengan 'nglepas'  sandal mereka ketika masuk studio, dari candaan itu, "apaan sih bang, pakai aja", aku mulai berpikir bahwa okay, i can do this, orang-orang ini adalah orang yang asyik gitu, nggak kayak band yang 'sok' tau, atau musisi pemula (debut) yang seperti tau segalanya, udah merasa berpengalaman paling banyak gitu kan, nah! si KOS ATOS ini nggak seperti itu gitu loh, pertama kali dateng aja rasanya udah kayak temen lama yang dateng mau main, jadi aku so happy, oke aku akan buka pintu selebar-lebarnya here we are you have, ini informasi yang aku punya, dan aku pengen sharing lebih banyak dengan kalian, gitu lah.

Aku happy, bawaannya enjoy walaupun diawal-awal kayak yang gimana gitu, itu dari aku pribadi sih, barangkali karena aku nervous ini karena Live interview pertamaku juga.

i do nervous, cuma so happy karena pertamaku ini adalah KOS ATOS, aku merasa beruntung banget karena band pertama yang aku interview adalah KOS ATOS yang notabene orang-orangnya asyik se........muanya!.

yang awalnya aku kaku banget jadi kayak lama-kelamaan jadi luwes, i do love you guys! benar-benar menjadi penyelamat lah kalian, kalau bukan KOS ATOS palingan aku udah em...blank ditengah-tengah, tapi aku beruntung kalian sumpah seru banget, orang-orangnya rame, humble dan walaupun aku tahu prestasi KOS ATOS yang kubaca prestasinya sudah bukan prestasi 'receh' lagi, dengan sekian prestasi seperti mengisi acara berkelas (bukan lokal lagi) malah justru tidak membuat KOS ATOS ini, kalian ini jadi yang gimana-gimana gitu, tapi kembali lagi KOS ATOS asyik, menyenangkan.

KOS ATOS datang bukan sebagai band yang sedang Pamer prestasinya apa aja gitu, tapi mereka nyatu, ini karyaku, itu membuat suasana yang sangat sangat menyenangkan, have a good day gitu, enjoy dengan lagu-lagu KOS ATOS, mereka juga menyebarkan aura-aura positif dengan keramahan mereka, kehangatan mereka siang itu.

senangnya juga ketika selesai ngobrol pada sesi, break atau sedang off gitu ya, KOS ATOS masih sama, masih seru membahas apa saja, semenyenangkan itu KOS ATOS, bahkan yang aku tahu Kak Laura biasanya agak sedikit menjaga jarak gitu kan, tapi seperti yang dilihat siang itu seisi ruangan ini berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan, sangat akrab, bahkan lebih dari pada itu aku kayak nyaman banget, aku juga paling suka itu style dari para personil KOS ATOS.

Salah satu yang aku sayangkan gitu ya, kenapa band seperti KOS ATOS tidak masuk pada major label gitu ya, tapi kembali lagi seperti apapun kondisi KOS ATOS, tetaplah jadi KOS ATOS biasanya, aku suka aku suka!.

sebagai penutup, pesanku untuk KOS ATOS adalah aku lebih suka KOS ATOS di Album pertama dan ke-2, entah mengapa aku sangat suka, lebih jujur, dan lebih KOS ATOS, kalau boleh disandingkan, aku seperti mendengarkan 'mantra-mantra' album dari Kunto Aji, easy listening namun lirik-liriknya dalem parah, pake banget, bahkan sampai hari ini aku masih mendengarkan lagu-lagunya KOS ATOS kalo lagi kerja, lagi nugas dan aktivitas lainnya.

Playlist KOS ATOS versi Amel.
1. Salam Untuk Desa
2. Kita Beda Berbahaya
3. Esok Lagi
4. Ayo Jalan-jalan
5. Hari ini

*playlist diatas belum semuanya sih hehe.

Semoga kita bertemu kembali, KOS ATOS main ke Jember lagi, sehat selalu semuanya.

Selesai.

Amelinda with KOS ATOS
Sumber: Suara Akbar Jember [instagram]

______________________________

Tulisan diatas merupakan pesan dan kesan dari Amelinda (Amel) yang kemarin sempat mewawancarai KOS ATOS di Radio Suara Akbar (Jember), segala tulisan diatas merupakan hasil obrolan via WhatsApp yang direkam dan diolah kembali atas persetujuan yang bersangkutan.

______________________________

ditulis oleh Fajar Sandy untuk www.kosatos.com
thanks to: Amelinda

2 komentar :

My Instagram